CCNA Certification Experience

Bookmark and Share
Hola ! Sekarang gue mau cerita sedikit + pamer sih wkwk soal pengalaman gue ngedapetin sertifikasi CCNA semasa SMK dulu :p .

Apaan sih CCNA itu ?

Oke jadi CCNA itu kependekan dari Cisco Certified Networking Associate , itu sertifikasi di bidang IT soal teknologi jaringan komputer yang dikembangin sama perusahaan telekomunikasi yang mendunia yaitu Cisco ( ga asing kan ? ), nah si cisco ini nyiptain + ngembangin CCNA buat ngajarin dasar installasi jaringan yang berskala menengah ( bisa disebut seminar / pelatihan lah ).
Nah sertifikasi CCNA ini bisa didapetin kalo udah ngikut ujian CCNAnya, tapi sebelom ujian udah pasti kita harus dipersiapin dulu buat belajar soal materi-materi nya ( yakali kaga ) nah yang bikin perjuangan dapetin sertifikasi ini yah belajarnya itu yang kudu giat wkwkw.

Singkatnya ada macem-macem materi utama yang dibahas di CCNA ini, contohnya :
  1. Jaringan LAN dan desain WAN ( Sama Model OSI Layer )
  2. IP Addressing ( favorit gue nih )
  3. Protokol di Router + Routingnya 
  4. VLAN ( Virtual LAN ) dan WLAN ( Wireless LAN )
Yah kira-kira itu deh materi yang gue inget, sebenernya selain CCNA ada juga ujian sertifikasi yang lain kaya CCNT, CCNP, CCIE, tapi gue cuma kedapetan buat CCNA ini dari sekolah gue. 

Oke jadi di sekolah gue dulu itu jurusan TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan ) gue selalu ngadain yang namanya CCNA ini, tujuannya udah pasti buat dapet sertifikasi cisco tadi yang mana kalo dipake nanti buat nyari kerjaan di bidang IT ( katanya ) gampang. Ga pake lama gue langsung daftar buat ikut ini, jujur aja pas gue smk dulu kalo ada seminar / pelatihan yang berhubungan sama teknologi pasti gue paling ngebet banget ikut biarin belom ngerti sama sekali juga. 

Oh iya gua lupa jelasin di atas sertifikasi CCNA ini ga gratis alias Bayar yang mana harganya ga bisa dibilang murah juga kalo di indonesia wkwk , gue kurang sih tau biaya pastinya berapa kalo di setiap tempat ( termasuk sekolah gue ). Tau harganya mahal gini gue juga belajar ccna ini serius banget ( asli ) gara-gara tau kalo sertifikatnya berharga banget.

Lanjut, pelatihan CCNA sekolah gua ini diadain di Kampus IPB Bogor tepatnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA ) selama 2 bulan full, dan jarak rumah gue ke tempat itu GA DEKET makanya bisa disebut perjuangan juga wkwkw. Tapi sebenernya yang bikin perjuangannya kerasa banget tuh : 1. Semua Materi dibahas + diterapin pake Bahasa Inggris ( dulu english gue masih memble abis ), 2. Setiap abis 1 materi bakal ada ujian singkatnya ( Kaya Quiz gitu deh ), 3. Setiap ujian selalu dibatesin sama waktu asli ada time counternya + berbasis web, 4. Setiap ujian harus selalu menuhin KKM , kalo kurang harus ambil ujian ulang, 5. Ujian akhir isinya gabungan semua ujian singkatnya yang mana jumlah soalnya bisa nyampe 50 lebih dalem bahasa inggris T_T.

Kira-kira gitu deh suasana pelatihan cisco gue dulu, tapi yang  bikin gue enjoy banget dulu itu yah ada temen-temen deket gua yang ikut juga, instruktor yang korperatif sama komunikatif banget lah jadi mau bahasa inggris susah banget juga masih doi bantu, sama fasilitas ruang belajar yang di idamin banget ( ada ac, wi-fi asli kenceng ( banget ), pembelajaran selalu pake Projector / E-Learning jadi ga harus nulis lagi wkwk ). Akhirnya pelatihan beres gua dapet sertifikat 4 biji yang isinya kompetensi-kompetensi yang gue capai ( kaya bab gitu deh ), dan yah menurut gua worth it banget lah biarpun blom gue pake banget buat nyari kerjaan sekarang tapi ilmunya itu boss ga tergantikan #Hazek !.

Oh iya gue ada 1 pic kenangan suasana ruang belajar dan teman-teman seperjuangan gue ( + instruktor ) . TADAAA !
*Ga usah dicari gue yang mana wkwkw

Yosh cukup segitu aja deh gue share pengalaman + kenangan gue soal CCNA, seneng abis gue bisa nulis ini sama nginget lagi kenangan bareng belajar mereka + pacar :p wkwk, Well Semoga kalian Sukses selalu + Bahagia dimanapun kalian berada :)

Salam damai :* wkwkwwkwkw

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment